FACEBOOK DI CISOMPET: CEK, SEBERAPA SERING KAMU CEK FB? :)

haha fb
picture from: wordsmith360.com

Masih ingatkah kalian kapan pertama kali Facebook masuk ke Cisompet? Menurut aku ini bagian dari sejarah Cisompet yang harus dituliskan, karena hanya dengan mengingatnya saja kita akan lupa.
Aku sendiri kurang tahu pasti kapan facebook mulai dikenal di daerah kami, Cisompet. Tapi aku masih ingat kapan aku pertama kali membuatnya, yaitu pada tahun 2009. Waktu itu aku sedang kelas 2 SMA. Dengan fasilitas komputer dan internet yang ada di SMA N 22 Garut, aku bersama dengan beberapa teman membuat akun Facebook. Satu yang pasti kawan, kedatangan facebook di Cisompet takan jauh dari mulai populernya internet di wilayah kami. Kapan itu? Aku lupa juga. Tapi ketika aku kelas I SMA, email yahoo sudah mulai dikenal di sana.

Kesan pertama berkenalan dengan Facebook sangat luar biasa. Media sosial ini menghubungkan aku dengan teman-teman yang bahkan aku tidak mengenal sebelumnya. Tak tahu siapa mereka, tempat mereka tinggal, tapi aku langsung mengajukan pertemanan. Meskipun aku merasakan keseruan dengan media baru ini, aku belum merasakan ketagihan yang luar biasa. Seperti layaknya mayoritas manusia di dunia zaman sekarang, “tak buka facebook, tak hidup.” Jelas ini karena komputer, handphone, dan internet adalah barang yang mahal dan berharga. Tidak semua orang mampu membelinya.

3-4 tahun setelah ini harga handphone semakin murah. Hampir semua orang di desaku memiliki benda ini, setidaknya dalam satu keluarga, mereka memegang satu handphone. Setelah itu sinyal di Cisompet semakin membaik, warung internet mulai menyebar dengan harga kantong jajan anak-anak, dan harga paket internet semakin murah. Dari sinilah Facebook semakin populer di semua kalangan, mulai dari anak SD sampai ibu bapak yang memiliki segudang urusan pekerjaan dan keluarga.

Apakah perkembangan ini adalah pertanda baik? Tidak juga. Sebagian orang memanfaatkan kesempatan baik ini, tapi banyak yang menjadikan Facebook sebagai tempat untuk bermalas-malasan. Berita baiknya, banyak orang Cisompet yang menjadikan facebook untuk mempromosikan barang dagangan mereka, berbagi ilmu, dan informasi. Karena bantuan FB, dagangan bisa dikenal tidak hanya di pasar, teman, rekan kerja, tapi juga kenalan baru di FB dari desa/daerah lainnya. Selain itu juga, ada orang yang menggunakan FB untuk menyebarkan berita gawat di detik itu juga, seperti kebakaran, korban kecelakaan, dan bencana alam. Sebagian yang lain menjadikan FB sebagai forum edukasi dan agama. Mereka menyebarkan dakwah, memberikan inspirasi, dan pengaruh positif lewat tulisannya.

fb addict
picture from: klitter.com

Namun demikian, sangat disayangkan karena kebanyakan dari kita hanya menggunakan FB untuk membuang waktu kita yang sangat berharga. Jika seperti itu, FB ini menjadikan manusia sebagai budaknya. FB sudah jadi prioritas utama kita. Bagaimana tidak? Sejak bangun tidur sampai mata mau terpejam, otak kita seakan sudah terseting untuk mengecek FB: pemberitahuan, pertemanan, ulang tahun, siapa yang ngelike, dan siapa yang ngekepoin kita. Well, it’s suck man!!! Akibatnya, dari waktu 24 jam yang kita punya, sangat kecil untuk dipakai untuk belajar.
Karena dampak negative dari FB ini, keputusan yang sangat benar jika sekolah melarang keras siswanya untuk membawa handphone ke sekolah. Jika generasi kita tak ingin hancur, maka peraturan ini harus sangat diperketat. Bisakah kalian bayangkan jika siswa membawa handphone ke sekolah dan fasilitas WiFi yang ditawarkan? Mereka akan kehilangan sebagian besar waktunya untuk konsentrasi.
Tidak mudah memang keluar dari efek ketagihan FB. Tapi, kita bisa memenej waktu untuk lebih bijak dan keluar dari perbudakan si FB ini.

Alright, Good night.

Canberra, 9 September 2017

Wina Sumiati

 

 

3 comments

Tanggapi disini ya... ^_^

