UNTUK TIDAK MENYERAH

Pernahkah kau mengalaminya? Ketika usaha sudah kau lebihkan, namun hasil jauh dari harapan? Aku mengalaminya. Hari ini. Di universitas internasional ini hatiku tercabik-cabik. Tiga kali konsultasi dengan dosen, tiga minggu hanya fokus pada penelitian itu, dan keyakinan yang mengirinya. “Wah, aku yakin nih lumayan pasti nilainya,” Begitulah kira-kira aku berangan. Tapi hasil di luar harapan.

Apa yang salah? Salahkah bila terlalu yakin? Tidak mudah kawan. Tidak mudah. Aku telah menghabiskan waktuku untuk menulis penelitian “Did sexology liberate or imprison Australians?”. Dengan percaya dirinya aku menulis berdasarkan bukti yang banyak. Dengan sepenuh hati. Plus hati, tidak tanggung-tanggung. Tapi mau dikata apa ketika tulisan takdir harus berkata B. Pasrah saja.

Tidak. Hatiku terus berontak. Bagaimana ini? apa yang harus aku lakukan untuk menenangkan hati? Bodoh! Pertanyaan tak pantas dijawab, sedang engkau mengetahui jawabannya. Kembali. Kembali kepada yang Menulis Takdir. Dia lah tempat engkau meminta. Berkeluh kesahlah pada Dia. Jika orang lain akan bosan mendengarkan ceramahmu, maka tidak dengan dia. Yakinlah, mintalah jalan.

Hapus air mata itu. Kau lebih berharga untuk kembali berjuang, bukan mengeluh.

Canberra, 26 Oktober 2016

 

Wina Sumiati

3 thoughts on “UNTUK TIDAK MENYERAH

  1. Pernah Mbak… yah pada awalnya pasti kecewa, tapi ya sudahlah, mari berusaha lebih keras lagi untuk paper-paper selanjutnya agar bisa lebih baik lagi. Dapat nilai yang di luar harapan berarti masih ada ruang banyak untuk peningkatan, beda dengan kalau di awal sudah dapat nilai tinggi lantaran pasti susah untuk mempertahankan.
    Semangat terus ya Mbak! Wah, Master of History, saya pengin banget bisa punya gelar di bidang sejarah, hihi.

Tanggapi disini ya... ^_^

