‘HALAL FOOD’? Mudah di Canberra !

Hai kawan, kali ini aku akan berbagi cerita tentang mencari makanan halal di Canberra. Ini sangat penting lhoh, apalagi sebagai seorang Muslim makanan adalah hal yang harus diperhatikan. Sengaja salah makan sangat bahaya. Bisa-bisa ibadah kita tidak diterima selama 40 hari. Wah, harus hati-hati ya!

Bisa dibilang, mencari makanan halal di Canberra itu gampang-gampang susah. Jadi lebih banyak gampangnya daripada susahnya. Hehe. Well, saat ini perkembangan MUslim di Canberra sudah bisa diperhitungkan. Meningkatnya jumlah Muslim baik pekerja dan mahasiswa mendorong beberapa pengusaha untuk membuka restoran halal. Memang perlu sedikit usaha untuk bisa mendapatkan halal food ini karena tidak semua restoran bisa menyediakan menunya.

Di the Australian National University, kampus dimana aku belajar, ada dua toko yang menyediakan makanan halal. Pertama, Asian Bistro yang berada di lantai 1 Union Court. Jika masih ragu, kamu sangat dianjurkan untuk bertanya. Tenang kawan, orang-orang di sini bisa dipertanggungjawabkan kejujurannya. Memang tidak semua makanan di toko ini halal. Tapi, ada banyak menú sayur dan ayam yang dibeli dari toko daging halal. Ingat, jangan ragu untuk bertanya ya!

Hasil gambar untuk asian bistro in ANU

gambar dari: tripadvisor.com

Tempat halal food kedua di kampus yaitu Panjeka’s Cafe. Café ini menyediakan dua menú halal, yaitu chicken crispy with chips and salad dan Burger with chips. Beda dengan Asia Bistro yang menyediakan harga di bawah $10, kafe ini menawarkan harga yang sedikit mahal, yaitu $11.50 untuk menu pilihan yang sama. Aku sendiri termasuk orang yang jarang makan di sini karena harganya kurang bersahabat. Tapi kalau sedang malas untuk pergi jauh atau bosan dengan menu Asian Bistro, baru Panjeka’s menjadi pilihan.

Tidak jauh dari ANU, beberapa tempat di luar komplek kampus juga bisa menjadi alternative membeli makanan halal, seperti Roti House dan Indian Cuisine. Harga menunya variatif. Ada yang di bawah $10 ada juga yang harga sangat mahal. Tapi tenang kawan, harga bisa membayar. Porsi makanan bule itu luar biasa besar. Untuk ukuran orang Asia, khususnya Indonesia, porsi bule bisa dimakan berdua. Serius!

Hasil gambar untuk roti house canberra

gambar dari: ourownact.livejournal.com

Hasil gambar untuk chicken gourmet in city walk

gambar dari: tripadvisor.com

Pilihan tempat lainnya yaitu di City Centre. Di sana, kau bisa makan di Chicken Gourmet, Indo Cafe di Canberra Centre, dan beberapa tempat lainnya yang bisa diakses di Mbah Google. Tidak terlalu sulit sebenarnya untuk menemukan restoran halal, asal ada kemauan. Karena, tidak setiap daging yang bukan babi itu halal. Daging ayam dan sapi yang tidak memakai bismillah saat memotongnya pun akan menjadi haram. Juga, tidak semua makanan olahan yang tidak ada keterengan bacon (rasa babi) juga halal. Jangan-jangan tempat yang digunakan untuk mengolah setempat dengan daging babi atau salah satu bumbunya berasal dari lemak babi.

Nah, jika kau mau membeli snack dan minuman, ada tips jitu untuk mengecek halal apa nggaknya. Sangat jarang sekali makanan olahan di sini menggunakan sertifikat halal. Jadi, kau bisa mencek nya di internet tentang kode halal. Bandingkan dengan komposisi yang ada di belakang bungkus makanan. Tenang, komposisi makanan di Australia sering menggunakan kode, seperti 320, 330, dan sebagainya. Memang agak ribet sih jika harus mengecek dulu kode sebelum menentukan pilihan. Tapi, ini lebih aman dari pada salah makan. Benarkan ?

Well, demikian sedikit info tentang makanan halal di Canberra. Selamat berlibur dan belajar di sini ! 🙂

Canberra, 14 September 2016

 

Wina Sumiati

Iklan

2 thoughts on “‘HALAL FOOD’? Mudah di Canberra !

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s