CISOMPET DALAM BERITA

kantor desa cisompet

Karena dengan tulisan, kamu akan hidup

Karena dengan tulisan, kamu akan dikenal

 Karena dengan tulisan, kamu akan dikenang

 Tak hanya sekarang, kawan

Juga, nanti!

 

Ceritanya, sore ini saya iseng membuka blog. Maklum, tugas kuliah yang menumpuk ditambah beban kesepian membuat segalanya tak sedap. Jadi pilihan yang paling tepat untuk membuang jenuh: adalah dengan menulis isi otak, plus hati. He. Sekali buka blog, tiba-tiba ada komentar pengunjung yang membuat pikiran saya segar kembali. Taukah isi komentarnya apa?

 “Trims atas info tulisannya tentang Cisompet Teh, saya lagi cari info tentang Cisimpet, kebetulan lagi dapat tugas dari dinas sosial untuk mengubek ngubek sekecamatan Cisompet.

Salam kenal juga sebagai blogger…”

Sederhana bukan? Tapi menurutku ini luar biasa. Senang tiada terkira karena tulisan tentang Cisompet bisa bermanfaat “bagi yang membutuhkan”. Karena ini lah gunanya menulis. Meskipun tulisan ini hanya hal kecil, tapi kita tak pernah tau bahwa suatu saat nanti, itu akan sangat berguna. Begitu pula dengan tulisan tentang Cisompet.

Cerita ini belum selesai, kawan. Karena penasaran, aku pun langsung searching informasi tentang Cisompet di sahabat google. Sambil bertanya dalam hati, “Apakah benar hanya tulisanku saja yang nongkrong di memori Mbah Google?” “Satu dua tahun lalu sih iya, nah sekarang?”. Sekarang sudah ada beberapa tulisan tentang Cisompet yang ditulis oleh urang Cisompet asli, bukan cuma saya. http://www.desakuringngawangun.blogspot.com telah menyuguhkan serial verita tentang Cisompet. Tampilan blognya yang lumayan keren menunjukan keahlian pemiliknya sebagai blogger yang tidak kudet (kurang up-date). Tidak hanya kulit luarnya, tulisannya juga enak dibaca. Memang blog ini dikhususkan untuk Desa Sukanagara, salah satu desa di Kecamatan Cisompet. Tapi, kehadirannya tetap memberi sumbangan untuk Cisompet.

Munculnya penulis-penulis Cisompet tentang cerita desanya menandai kemajuan yang harus dibanggakan. Bangga? Bangga dong! Bagaimana tidak? Itu berarti ada kesadaran intelektual tentang sejarah desa sendiri yang memang harus dilestarikan. Tanpa ada tulisan, mana mungkin orang di luar daerah tahu tentang Cisompet kecuali ada kenalan. Tanpa literatur, mana mungkin generasi masa depan kenal sejarah desanya. Kalau bukan kita yang peduli desa sendiri, terus siapa lagi?

Selain blog saya dan http://www.desakuringngawangun.blogspot.com, berikut ada beberapa situs yang sekilas membahas tentang Cisompet:

  1. http://www.kompasiana.com/fasmawi/desa-emas-ada-di-kecamatan-cisompet-kabupaten-garut-yaitu-desa-depok_551c1c24813311611e9de183
  2. http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/02/22/361850/pvmbg-mengkaji-kondisi-tanah-cisompet
  3. http://www.radargarut.com/2016/06/14/pengungsi-cisompet-mulai-beraktifitas/
  4. http://www.tribratanewsjabar.com/2016/08/29/kapolsek-cisompet-garut-menembus-rimbunnya-hutan-belantara/

Udah dulu ya, sisanya cari sendiri! Semoga bermanfaat!

Canberra, 08 September 2016

 

Wina Sumiati

 

Iklan

3 thoughts on “CISOMPET DALAM BERITA

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s