HATI-HATI MEDICAL CHECK UP

INGAT! Syarat-syarat medical check up untuk visa meliputi:

  1. Passport asli. Ini berarti bukan scan atau fotokopian. Jika tidak ada yang asli maka harus dilegalisir di Kedutaan Besar, misal: kedubes Australia, Inggris, dll.
  2. KTP asli
  3. HAP (dokumen ini akan diberikan setelah peserta mendaftar visa dan mendapatkan COE)
  4. Tidak sedang menstruasi bagi wanita karena akan sangat berpengaruh pada pemeriksaan X-ray dan hormon sedang tidak stabil.

Selain untuk memenuhi persyaratan kerja, medical check up juga diperlukan sebagai persyaratan visa. Karena ini khusus, maka tidak semua rumah sakit menyediakan pelayanan untuk medical check up. Sesuai pengalaman saya, ada beberapa rumah sakit dengan label ‘premier’ menyediakan layanan ini, seperti RS Premier Jatinegara, di Jakarta Timur dan RS Premier Bintaro di Tanggerang.

Namun sebelum itu, diusahakan supaya kita membaca setiap dokumen medcek dengan hati-hati. Saya bilang seperti ini karena saya tidak ingin keawaman seseorang menjadi kendala proses medcek.

Ceritanya, kemarin pada tanggal 27 Juni 2016 saya akan melakukan medcek di RS Premier Jatinegara untuk pembuatan visa Australia. Cerobohnya, saya tidak membaca dengan teliti hal-hal yang harus dipersiapkan untuk medcek. Saya benar-benar tidak tahu bahwa passport akan sangat dibutuhkan. Tanpa ini, medcek batal dan harus mengulang lagi pendaftaran medcek. Dan hal ini terjadi pada saya. Saya harus mencari jadwal lain untuk medcek. Hah, semoga hal ini tidak pernah terjadi pada siapa pun.

Demikian sharing saya. Semoga bermanfaat. Ingat, “Malu bertanya sesat di Jalan!” Jadi bagi yang pertama kali akan mengurus visa, medcek, passport, atau yang lainnya usahakan tanya-tanya pada orang yang berpengalaman.

Tanggerang, 28 Juni 2016

 

Wina Sumiati

(yang sedang menunggu medcek pada Kamis, 30 Juni 2016 di RS Premier Bintaro)

Tanggapi disini ya... ^_^

