JANGAN TIDUR SAAT PUASA!

puasa-tidur
Tidur sampe siang (gambar dari: blog.lazada.co.id)

Memang tak ada ayat atau hadits yang melarang untuk tidur di bulan suci Ramadhan. Malah dikatakan bahwa tidur pun mendapat pahala. Tapi menurut pengalaman saya, tidur di pagi hari setelah menunaikan solat subuh akan membuat badan cepat dehidrasi, perut jadi lapar, dan tidak segar. Akibatnya, saya tidak terlalu bersemangat dalam menjalankan aktivitas lainnya.

Well, mungkin tidur atau tidaknya di bulan suci ini tergantung kebiasaan orannya. Soalnya teman dekat saya sering tidur hingga 4 jam setelah solat subuh, dan menurutnya hal itu tidak terlalu mengurangi kebugaran tubuh. Aneh memang ketika saya dengar orang mampu tidur lebih dari dua jam di pagi/siang hari. Haha. Jadinya, bulan puasa ini seperti ladang untuk tidur panjang, bukan untuk menjadi lebih produktif.

berzikir-kepada-allah
Tidur sampe siang (gambar dari: blog.lazada.co.id)

Bagi beberapa orang yang libur kerja atau kuliah di bulan puasa, ada baiknya bulan ini kita menjadi semakin produktif dalam hal dunia dan akhirat. Dalam masalah duniawi, waktu yang panjang tanpa makan dan minum bisa dimanfaatkan untuk membaca buku dan menulis sebanyak-banyaknya. Saya yakin bahwa kebanyakan orang memiliki beberapa buku yang belum habis dibaca karena kesibukan di hari biasa. Tidak jauh-jauh, saya sendiri mengoleksi banyak buku sejarah dan budaya yang tidak sempat dibaca tuntas. Maka dengan itu, bulan puasa adalah waktu yang paling tepat untuk bermesraan dengan buku.

Dalam urusan akhirat, sudah banyak dakwah-dakwah yang menasihati kita untuk memanfaatkan bulan yang berkah ini. Salah satu amalan yang sering digalakan adalah membaca al-Qur’an lebih sering dan banyak dari pada biasanya. Selama 11 bulan sebelumnya, kita terlalu sibuk dalam urusan dunia yang kadang tidak pernah membuat kita puas. Nah pada bulan ini, apa salahnya jika kita merelakan waktu beberapa menit setelah sholat fardu untuk membaca kitab suci selembar dua lembar.

Tidak hanya membaca al-Qur’an. Amalan lain pun bisa menjadi pahala jika dikerjakan di bulan suci ini. Bersedekah dan mengerjakan solat-solat sunah, misalnya, pahalanya bisa dikalikan berlipat-lipat. Subhanallah, Maka nikmat Tuhan manakah yang kau dustakan?

Cisompet, 09 Juni 2016

 

Wina Sumiati

Iklan

4 comments

  1. Sekedar koreksi… tidur di waktu puasa Ramadhan yang katanya berpahala itu berasal dari hadits dhaif (palsu). Tidak ada pahala dalam tidurnya orang berpuasa.

    Setuju, bulan Ramadhan ini peluang emas … maka jangan lewatkan hari-harinya untuk mengerjakan banyak amalan sunnah yang diganjar pahala berlipat-lipat. Tentunya dengan tetap menjaga stamina yang baik agar bisa lebih khusyuk mengerjakannya.

    • Terima kasih kang atas koreksiannya. 🙂 Memang saat berpuasa stamina kita terus berkurang. Tapi di saat seperti itu seharusnya kita memotivasi diri kita bahwa lebih nyamaan beraktivitas ketika perut ringan. 🙂

  2. sebenarnya puasa itu jadi salah satu tolak ukur stamina.. klo udh makan kuat kerja, wajar. Ini gk makan, tp kuat kerja ..disitulah tolak ukurnya. Sejauh mana kita mengalokasikan tenaga yang ada dibagi dalam 12 jam yang akan dijalani. tentunya disiasati dengan kemampuan akal yang kita miliki.

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s