Di antara Permata Berkilauan

Sebagaimana judul tulisan ini, saat ini aku sedang dikelilingi dengan permata yang indah. Mendapatkan beasiswa LPDP program Master of History di the Australian National University (ANU) telah menyeretku dalam kelompok orang-orang hebat. Sedang, aku merasa menjadi manusia yang paling rendah di antara mereka. Ah, aku hanya berusaha memberikan yang aku bisa untuk Indonesiaku.

Ketika akan mengikuti persiapan Program Kepemimpinan (PK) LPDP, aku disuruh membuat Linkedin, semacam sosmed yang baru-baru ini aku kenal. Secara otomatis aku mencari jaringan kepada anggota PK-67. Nah, di sanalah aku semakin sadar bahwa aku sedang dikelilingi oleh putra-putri bangsa yang luar biasa. Mereka memiliki pengalaman kerja dan keahlian yang hebat di bidangnya. Sungguh, di sini aku merasa dituntut untuk tidak main-main dalam menempuh studi S2 yang dibiayai negara itu.

Meskipun demikian, aku yakin bahwa mereka yang saat ini bagai permata itu mengawali hidup dan karirnya dari nol. Sama sepertiku. Hanya saja, mereka lebih awal merintis, atau mereka memang berasal dari universitas yang berkualitas di negeri ini. Apa pun itu, aku harus merasa bangga bisa mengenal mereka. Karena dengan ini, motivasi untuk menjadi sejarawan hebat di Indonesia akan semakin terdorong.

 

 

Cisompet, 03 May 2016

Salam,

 

Wina Sumiati

 

 

6 thoughts on “Di antara Permata Berkilauan

Tanggapi disini ya... ^_^

