CURUG CIPONGPOK: KEINDAHAN YANG TERSEMBUNYI DI BUMI CISOMPET

Exif_JPEG_420
PEMANDANGAN DARI JALAN CIPONGPOK

Cisompet, sebuah kecamatan yang berada di selatan Kota Garut, ternyata memiliki keindahan alam yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya. Sebagai daerah perbukitan, Cisompet sering menawarkan objek wisatanya, salah satunya yaitu Curug Cipongpok.

Exif_JPEG_420

Sebagaimana namanya, curug (air terjun) ini terletak di Kampung Cipongpok, Desa Sindangsari. Untuk bisa mencapainya, wisatawan bisa memulai perjalanan dari SMP Negeri I Cisompet, yang terletak tidak jauh dari Kapolsek Cisompet. Tepat di pinggir SMP, ada jalan terjal dengan batu-batu besar yang harus ditempuh para wisatawan. Sehingga, fisik yang sehat diperlukan karena sekitar 30 menit lebih perjalanan akan dihabiskan untuk sampai ke curug ini.

Sebenarnya, selain Curug Cipongpok, ada juga banyak curug-curug lainnya. Curug ini merupakan bagian dari Sungai Cikaso yang mengalir dan membelah daerah di kaki pegunungan Cisompet. Sehingga ketika kita terus menelusuri sungai ini, dari hulu sampai ke hilir, akan banyak ditemukan curug-curug kecil lainnya. Seperti sungai-sungan di daerah lain, di sini juga kita bisa menikmati keindahan batu-batu besar yang tertancap di sungai. Tidak mengherankan apabila banyak orang yang ingin memotretnya langsung di atas batu itu.

Exif_JPEG_420
CURUG CIPONGPOK

 

Meskipun keindahannya masih bisa dinikmati, namun pencemaran lingkungan kini telah mengkotori kesucian karya ilahi ini. Tidak seperti waktu saya masih SD, dewasa ini, air curug telah berwarna kecoklatan. Tidak banyak lagi anak-anak desa yang bermain air sehabis bersekolah. Selain itu, sekarang sangat jarang ditemui ikan-ikan kecil yang terlihat ceria di dalam air yang jernih. Hah, tidak bisa kita menyalahkan siapa pun karena manusia memang sulit untuk kompak dalam menjaga kelestarian alam.

Cisompet, 18 April 2016

 

Wina Sumiati

Iklan

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s