HARI PERTAMA MENGAJAR… DAG DIG DUG

gambar dari: zulhazmihamad.blogspot.com
gambar dari: zulhazmihamad.blogspot.com

Kamis, 30 Juli 2015 lalu adalah hari pertama aku mengajar di SMA Negeri 22 Garut. Di hari pertama kerja ini, perasaan campur aduk sungguh tak bisa digambarkan. Deg-degan, senang, resah, dan salah tingkah, semuanya menyatu dalam pikiran. Sebagai guru baru, mungkin hal ini wajar dan patut dimaklumi. Dengan perasaan tersebut, saya pun memberanikan diri dan mengawali segalanya dengan basmallah!

Sebagai pengajar baru, tentu banyak orang yang akan bertanya dan penasaran “siapakah aku ini?” begitulah kira-kira yang dipertanyakan siswa di SMA itu. Oke, jadi pas pertemuan pertama masuk kelas, aku memperkenalkan diri, termasuk nama, alamat, kontak, hobi, cita-cita, dan latarbelakang pendidikan.Mengenai cita-cita, sebenarnya aku agak ragu untuk mengatakannya, tapi karena ingin mendapatkan doa dari 40 orang, jadi aku ceritakan cita-citaku untuk menjadi pengajar dan melanjutkan pendidikan S2 ke Luar Negeri.

Well, di SMA Cisompet ini, aku diberikan amanah untuk mengajar tiga mata pelajaran, yaitu Sejarah, BTQ (Baca Tulis Qur’an), dan Bahasa Inggris. Karena masih pertemuan pertama, jadi di semua pelajaran hal pertama yang aku lakukan adalah perkenalan dan memberikan materi-materi dasar. Misalnya untuk Bahasa Inggris, aku mengajarkan cara membaca alphabet yang benar dan bagaimana cara memperkenalkan diri. Semula aku tak begitu yakin dengan hal ini, takut dianggap cuma pelajaran SD lah, dan bla bla bla. Tapi setelah diajarkan, alhamdulillah respon mereka sangat baik. Yeeee!

begitulah sekilas hari pertamaku di sekolah. Meskipun telah menjadi Guru, tapi aku hanyalah guru yang masih patut untuk berguru. Makanya semangat untuk mencari ilmu masih terus berkobar. Semoga Allah memberikan jalan untuk meraihnya, Aamiin.

2 comments

  1. Kayaknya anak SMA pada anteng, ya?

    Dulu waktu aku sekolah di SMK(STM), kalo ada guru baru, sekelas isengnya pol, tanya ini-itu dll, apa lagi kalo gurunya tak terpaut jauh umurnya dan perempuan. beh, tambah enggak nyambung tanyanya.

Tanggapi disini ya... ^_^

