CISOMPET, DIMANAKAH ITU?

20150707_060018

Pada Ramadhan kali ini, saya banyak menghabiskan waktu di kampung halaman daripada di luar kota. Hal ini mungkin karena saya tidak punya kesibukan lain, jadi saya berfikir untuk berdiam diri di Cisompet dan melakukan apa yang saya bisa. Nah, dalam kesempatan yang berharga ini, sayang sekali jika saya tidak membuat tulisan-tulisan tentang Cisompet. Mungkin memang terlihat kecil, tapi ini akan berharga di kemudian hari bagi orang yang ingin berkunjung ke desa ini.

Ah daripada banyak basa-basi, langsung aja yuk kita bahas tentang Cisompet!

Cisompet merupakan sebuah kecamatan di bagian Selatan Garut, Jawa Barat. Daerah ini terletak sebelum Kecamatan Pameungpeuk. Nah, daerah Pameungpeuk biasanya lebih terkenal daripada Cisompet karena keindahan pantai-pantainya. Jadi jangan kebingungan jika kita ingin berkunjung ke Cisompet, pokoknya letaknya searah dan sebelum Pameungpeuk. Jika dari terminal Guntur di Kota Garut, jarak menuju Cisompet sekitar 65 KM atau sekitar 3-3,5 jam perjalanan. Yups, data ini berdasarkan BPS (Badan Pusat Statistik) Garut dan pengalaman saya sendiri lhoh. Hehe

Perjalanan menuju Cisompet tidak terlalu mulus, namun tidak begitu buruk. Mungkin keadaan yang kurang menyenangkan bagi sebagian orang adalah jalanannya yang berbelok-belok seperti ular. He. Tapi tenang, di sepanjang perjalanan ke Cisompet, mata kita takan pernah bosan menatap indahnya pemandangan dari jajaran bukit, pohon-pohon pinus, teh, karet, dan sesekali kalau usai musim hujan kita bisa menikmati indahnya curug atau air terjun.

Jika perjalanan memang melelahkan, kita juga tak usah terlalu khawatir. Di sepanjang jalan, di tempat-tempat yang cenderung sepi ada beberapa warung kecil atau rumah makan. Jadi kalau kita lapar dan ingin beristirahat sejenak, warung-warung itu bisa jadi alternatif untuk melepas dahaga. Makanan dan minuman yang dijajakan disini memang tidak terlalu lengkap, hanya sekedar makanan ringan biasa, roti, mie, kopi, dan susu. Meskipun demikian, banyak warung di sepanjang perjalanan yang menjual jagung bakar. Wah, pokonya di keadaan yang super dingin karena di apit oleh bukit-bukit, menikmati jagung bakar dan secangkir kopi akan sangat terasa nikmat.

Awal perjalanan menuju ke Cisompet akan disambut oleh desa pertama di Cisompet, yaitu Neglasari. Pokoknya, setelah ada tanda Kecamatan Cihurip dan  hutan-hutan mulai jarang terlihat, disanalah Neglasari terletak. Nah desa ini menawarkan keindahan Curug Kastrol yang jadi primadonanya. Jadi kalau berkunjung ke desa ini, kurang lengkap rasanya jika kita tidak berkunjung ke Curug Kastrol.

Jika hanya ingin mengunjungi Desa Cisompet, maka kita akan menemukan tanda “Selamat Datang di Desa Cisompet”. Atau, jika masih kebingungan, berhentilah di SMP Negeri I Cisompet yang terletak usai jajaran pohon-pohon karet. Disana kita bisa menanyakan alamat yang akan kita tuju di Cisompet kepada penjual di warung yang ada disana. Insya’allah tak akan nyasar. Karena seperti di desa pada umumnya, orang-orang bisa mengenali alamat satu sama lain, meskipun bertempat tinggal di wilayah yang jauh.

Nah, untuk artikel berikutnya, saya akan mencoba untuk membahas kebudayaan dan kehidupan sosial di Kecamatan Cisompet. Sampai jumpa. ^_^

Iklan

3 thoughts on “CISOMPET, DIMANAKAH ITU?

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s