HUT RI KE-69 DI TANAH RANTAU

HUT RI di Cibiru Hilir-Bandung
HUT RI di Cibiru Hilir-Bandung

Peringatan HUT RI ke-69 kali ini saya habiskan di tanah rantauan. Kontras sekali keadaan berbeda terlihat antara perayaan HUT RI di kampung halaman dan tanah rantau. Meskipun perayaan HUT RI di tanah rantau, Cibiru Hilir-Bandung Timur tidak terlalu meriah, tapi saya sangat menikmati perayaan ini dengan penuh rasa syukur tiada terhingga.

Dari mulai pagi hari, setiap jalan di Cibiru Hilir sangat terlihat sibuk karena dipadati iring-iringan warga menyambut HUT RI ke-69. Meskipun tidak menampilkan banyak pertunjukan memukau, beberapa warga sangat antusias menyambut kemerdekaan RI dengan berbagai hal. Beberapa pemuda ada yang berpenampilan seperti pejuang kemerdekaan, pengiring musik, pawai sepeda, dan lain-lain. Mereka berjalan beriringan menelusuri setiap jalan perumahan di Cibiru Hilir dengan wajah penuh suka cita.

Macan siliwangi...
Macan siliwangi…

Di kampung halaman saya di Cisompet-Garut, perayaan HUT RI disambut dengan sangat meriah. Selain perlombaan rutinan setiap hari kemerdekaan, berbagai pertunjukan bangbarongan juga sering dilaksanakan. Setiap desa di Kecamatan Cisompet selalu mengirimkan pertunjukan bangbarongan-nya untuk dilombakan.

Bangbarongan yang dikirim dikumpulkan di lapangan tempat upacara pengibaran sang Saka Merah Putih dikibarkan.

Kemeriahan HUT RI tersebut tidak hanya disambut meriah oleh berbagai pihak yang mengikuti lomba. Setiap warga di Kecamatan Cisompet menyempatkan diri untuk keluar dari rumahnya untuk melihat pertunjukan bangbarongan. Gelak tawa dan mimik muka ketakutan terlihat menghiasi setiap wajah rakyat yang menonton di sepanjang jalan.

Pengibaran bendera merah putih di rumah tetangga tak dikenal.. hehe
Pengibaran bendera merah putih di rumah tetangga tak dikenal.. hehe

Usai menonton pertunjukan bangbarongan, biasanya semua warga mengikuti upacara pengibaran bendera sambil menggiring bangbarongan berjalan menuju lapangan. Lapangan besar di dekat pusat kecamatan Cisompet dipenuhi oleh berbagai kalangan, baik itu pelajar, guru, pekerja, anak-anak, dan pedagang. Terutama bagi kalangan pedagang, perayaan HUT RI ini disambut dengan suka cita karena keuntungan mereka bisa bertambah beberapa kali lipat.

Sebagaimana kebanyakan perayaan HUT RI di semua daerah, semua desa di Kecamatan Cisompet mengadakan beraneka ragam perlombaan, seperti panjat pinang, lomba joged, balap karung, makan kerupuk, dan lain-lain. Seberapa banyak dan mahalnya harga hadiah tidak menjadi target utama warga. Mereka dengan tulus ikhlas mengikuti perlombaan dengan sangat suka ria. Kemeriahan penyambutan HUT RI ini menjadi tanda rasa syukur bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang telah mereka nikmati selama 69 tahun.

Iklan

2 comments

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s