BINGUNG MENENTUKAN PILIHAN

Tidak terasa tinggal beberapa bulan lagi saya lulus S1 di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Namun demikian, setelah lulus dari S1 tersebut hal wajar yang dirasakan semua sarjana muda mulai saya alami, yaitu keputusan mengambil langkah yang akan dilakukan selanjutnya.
Rencana demi rencana memang sudah saya persiapkan jauh sebelum gelar sarjana tersebut bisa saya dapatkan. Namun kadang kala menentukan pilihan dari sekian banyak rencana itu masih sulit untuk ditentukan.
Rencana saya yang pertama setelah lulus S1 yaitu melanjutkan studi S2 ke luar negeri dengan beasiswa. Rencana tersebut saya persiapkan bersama dengan kemampuan yang sedang saya gali. Namun ketika akan mengambil langkah tersebut, ada saja kendala yang menghalangi. Mulai dari pembubaran kelompok bahasa Inggris, sampai kebingungan saya dalam mengambil jurusan di S2 nanti.
Menentukan jurusan yang akan diambil untuk S2 nanti merupakan hal yang penting. Hal ini perlu dipersiapkan lebih awal untuk mempersiapkan materi apa yang harus kita gali sebelum kita belajar di luar.
Pada awalnya, saya telah menentukan pilihan untuk mengambil studi Southeast Asia. Jurusan tersebut saya tentukan karena saya sangat tertarik dengan kajian sosial dan budaya Asia Tenggara. Namun demikian, kebingungan itu mucul setelah saya melihat-lihat portal salah satu universitas di London. Disana dijelaskan bahwa kajian Southeast Asia difokuskan pada bahasa-bahasa di Asia Tenggara, seperti Myanmar, Philippine,Thailand, dan lain-lain.Sedangkan saya sendiri hampir tidak mengenal bahasa-bahasa tersebut.
Haah, saya mulai berpikir ulang untuk mengambil studi itu. Pilihan dalam pikiran saya jika tidak memilih Southeast Asia, maka alternatif lainnya yaitu studi sejarah. Alternatif tersebut sesuai dengan basik S1 saya. Jadi setidaknya meskipun saya telah mengkaji banyak buku mengenai Southeast Asia, saya tidak perlu terlalu jauh menentukan pilihan yang lain.
Saya sebenarnya malu membagi cerita ini lewat tulisan. Namun kebingungan saya akan memudar jika saya mengeluarkan unek-unek ini lewat tulisan. Seperti saat ini, setelah saya mengeluarkan semua unek-unek itu, pikiran saya terasa lebih ringan.
Meskipun ini merupakan rencana saya, tapi setidaknya saya punya mimpi yang takan pernah sia-sia. Bukankah setiap orang boleh bermimpi?

3 thoughts on “BINGUNG MENENTUKAN PILIHAN

Tanggapi disini ya... ^_^

