THE LIEBSTER AWARD: Tongkat dari Bang Rahmat

liebster-award

Sebelumnya saya kurang mengerti maksud dari The Liebster Award ini. Kebetulan saya terhitung baru dalam ng’blog. Saya pun baru mengetahui The Liebster Award ini dari Bang Rahmat. Ketika PR ini saya terima, saya pun tidak langsung membuat tulisan yang diestapetkan dari Bang Rahmat. Saya malah menundanya beberapa lama, dan baru hari ini saya bisa menjawab beberapa pertanyaannya.

Banyaknya tugas yang menumpuk dan beberapa pekerjaan yang harus diselesaikan membuat saya tidak sempat membuat tulisan di blog ini. Terkadang ketika saya bepergian ke suatu tempat atau pulang kampung, saya sangat ingin berbagi pengalaman dengan kawan-kawan blogger. Tapi ternyata berbagai kesibukan plus rasa malas untuk menulis telah menghalangi saya untuk menuangkan berbagai pikiran. Dan, begitu pun yang terjadi dengan PR The Liebster ini, saya menundanya beberapa lama.

Sebelum dan sesudahnya, saya sangat berterima kasih kepada Bang Rahmat karena telah melemparkan tongkat estapet The Liebster Award ini kepada saya. Saya sangat senang karena kiprah saya di dunia blog ini mendapat penghargaan dari sesama blogger. Meskipun ini pengalaman pertama bagi saya dalam meramaikan The Liebster Award, saya akan mencoba menjawab PR dari Bang Rahmat ini.

Baiklah, karena tugas pertama di The Liebster Award ini adalah menguraikan 11 hal tentang diri saya, maka saya akan mencoba memaparkannya.

# 11 Hal tentang Diri Saya

  1. Saya adalah wanita yang terlahir dari seorang ibu bernama Ijah dan bapak bernama Mamat Rahmat pada tanggal 29 November 1992. Dan, Beliaulah yang memberikan nama sederhana “Wina Sumiati” kepada saya.
  2. Saya adalah seorang yang sangat bangga terhadap kampung kelahiran saya “Cisompet-Garut Selatan-Jawa Barat-Indonesia”. Maka dengan itu kawan-kawan jangan heran jika di beberapa media sosial saya terselip nama “Cisompet”, seperti blog ini “Putri’na Cisompet” atau nama twitter saya “Wina Aniw Csompet”. Penamaan tersebut sengaja saya selipkan supaya orang-orang bisa tahu bahwa anak kampung di selatan Garut pun gemar menulis.
  3. Saya terkadang tipe orang yang mempercayai mitos. Tidak jarang saya senang membaca horoskop, paririmbon, dan melihat karakter berdasarkan tipe golongan darah. Dan anehnya, entah kebetulan atau apa, ramalan tersebut mendekati kenyataan. Hehe, itulah saya.
  4. Saya sering menjuluki diri saya “Sang Pemimpi”. Sesuai dengan julukan tersebut, saya memang senang merajut impian setinggi mungkin. Kuliah S2 di London adalah mimpi dan target terdekat saya. Saya tidak peduli orang akan berkata apa, karena itulah mimpi saya.
  5. Saya adalah tipe orang yang senang berpetualang. Teman-teman saya pun sering menjuluki saya “si pejalan kaki”. Julukan tersebut mungkin karena saya berjalan kaki lebih cepat melebihi rata-rata wanita lainnya. Hhee.
  6. Berkat jasa seorang guru bernama “Mr. Tolib Rohmatillah”, kini saya memiliki pekerjaan sampingan sebagai penerjemah bahasa Inggris.
  7. Orang-orang sering menyebut saya pemalu. Ini mungkin karena saya sangat anti memperlihatkan hal-hal pribadi kepada orang lain, sekalipun itu teman seasrama.
  8. Sejak saya kecil sampai saya berusia 21 (menuju 22, hehe) saya masih dijuluki anak cengeng. Ini mungkin karena saya gampang meneteskan air mata, hehe. Tapi, kecengengan saya ini hanya diketahui oleh keluarga, dosen kelompok bahasa Inggris saya, dan teman terdekat saya. Di luar itu, mereka menganggap saya seorang yang dewasa dalam segala hal. Hehe
  9. Saya sangat menyukai teman yang bisa diajak diskusi dan debat, hehe.
  10. Saya menganggap bahwa dunia ini kejutan. Saya bisa kuliah di UIN Bandung jurusan Sejarah dan Peradaban Islam pun bagi saya merupakan sebuah kejutan yang sangat indah.
  11. Saya adalah orang yang tidak mudah percaya.

Nah mungkin begitulah karakter singkat saya. Berikutnya, saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang dilontarkan Bang Rahmat kepada saya.

  1. Sejak kapan Anda ng-blog dan dimana?

Saya pertama kali ng-blog (Blogspot) tahun 2012 di Asrama Al-Ihsan Bandung. Itu pun saya ketahui dari teman seasrama saya “Iis Nurhayati”. Namun blog pertama itu tidak terurus karena saya awam dalam menggunakannya. Baru pada tahun 2013, saya semakin tertarik untuk menulis. Semenjak itu, saya mulai mengotak-ngatik dan membuat blog baru (WordPress) dengan nama “Putri’na Cisompet-Garut”.

  1. Apa manfaat nge-blog menurut Anda?

Lewat blog, saya bisa mencurahkan segala macam pikiran dan pengalaman yang saya dapatkan. Lewat blog juga, saya bisa mengenal banyak orang yang gemar menulis. Blog adalah lingkungan baru yang sangat saya sukai.

3. Apa impian terbesar anda?

Impian saya banyak. Namun, salah satu dari Impian terbesar saya adalah menjadi sejarawan. Saya sangat ingin memecahkan sejarah Islam di Cisompet dan Garut selatan yang kurang diperhatikan.

4. Tempat mana yang paling ingin anda kunjungi untuk berlibur?

Gunung Mahameru. Jujur, ketika saya melihat film 5cm, saya ingin sekali berlibur kesana.

5. Siapa orang yang ingin sekali anda jumpai?

Pa Mulyadi (Ketua Jurusan Tasawuf Psikoterapi-UIN Bandung). Saya ingin sekali bertemu dengan beliau karena ini adalah amanat dari Pa Rofik (guru saya di SMA). Sebenarnya tidak terlalu sulit jika saya ingin bertemu dengan beliau karena memang satu kampus. Tapi perasaan malu dan segan saya lebih besar daripada rasa keberanian yang saya miliki. Namun, saya pernah berjanji bahwa suatu hari ketika saya merasa saya pantas untuk bertemu beliau, saya akan menemuinya.

6. Siapa orang yang paling berjasa dalam hidup anda?

Banyak. Terutama orang tua yang telah memberi kepercayaan penuh kepada saya, Pak Rofik yang telah mengantar dan mengenalkan saya beasiswa BM, dan juga Mr. Tolib Rohmatillah yang telah memberikan saya ilmu tanpa batas dan tanpa balas jasa. Terima kasih semua.

7. Kenangan apa yang paling membekas di hati anda?

Ketika Ibu bangga dan meneteskan air mata karena saya mendapatkan beasiswa S1 full di UIN Bandung. Mungkin bagi sebagian orang ini biasa, tapi bagi saya tak ada hal yang paling berharga selain melihat orang tua bisa tersenyum.

8. Apa judul buku atau film yang paling berkesan bagi Anda?

Bumi Manusia karangan Pramoediya Ananta Toer bagi saya adalah buku yang sangat luar biasa. Dalam hal film, saya suka film “God of Study”; film ini benar-benar menginspirasi saya untuk gigir belajar tanpa batas.

9. Makanan apa favorit kamu ?

Semur ikan buatan mamah. Uahhhh, lidah saya langsung ngiler. Pokoknya bagi saya gak ada semur ikan paling enak kecuali semur ikan buatan mamah.

10. Tempat mana yang paling indah dan wajib kita kunjungi?

Pantai Gunung Geder, Cikelet-Garut Selatan. Pantai ini benar-benar masih alami. Dengan pasir putih dan hutan yang ada di sekelilingnya, saya yakin akan membuat setiap orang terpesona. Sesuai dengan namanya, pantai ini berada di atas gunung (perbukitan). Maka dengan itu, bagi traveler yang ingin berkunjung, harus siap-siap mendaki. hehe

11. Apakah pekerjaan anda sesuai dengan disiplin ilmu yang anda ambil ketika sekolah dulu? Jika tidak apakah anda menyesalinya ?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Dulu waktu SMA, saya jurusan IPA. Dan sekarang ketika kuliah, saya mengambil jurusan sejarah. Namun di samping itu, saya punya kerjaan sampingan sebagai penerjemah bahasa Inggris. Menurut saya professi saya sekarang ini tidak terlalu melenceng dari asalnya. hehe

Alhamdulillah. Akhirnya saya bisa juga menjawab 11 pertanyaan dari Bang Rahmat. Nah sekarang giliran saya yang akan memberikan 11 pertanyaan kepada 11 blogger yang saya pilih.

1. http://hasannote.wordpress.com/

2. http://iwanyuliyanto.wordpress.com/

3. http://ndiel2.wordpress.com/

4. http://blogditter.com/

5. http://kampungmanisku.wordpress.com/

6. http://inacw.wordpress.com/

7. http://beemukaromah.wordpress.com/

8. http://ralysyadanas.me/

9. http://wahyuyuwono.wordpress.com/

10. http://kredittanpaagunan.org/

11. http://klenan.wordpress.com/

berikut pertanyaannya:

  1. Sejak kapan dan kenapa Anda tertarik ngeblog?
  2. Apa manfaat ngeblog bagi Anda?
  3. Apa impian terdekat yang ingin Anda capai?
  4. Apa makna hidup bagi Anda?
  5. Peristiwa apa yang paling berkesan bagi Anda?
  6. Siapakah orang yang sangat menginsiprasi Anda?
  7. Buku apa yang paling Anda sukai?
  8. Hal apa yang paling membuat Anda benci?
  9. Pekerjaan apa yang sangat Anda senangi?
  10. Samakah cita-cita masa kecil Anda dengan pekerjaan Anda sekarang?
  11. Tempat mana yang menurut Anda wajib untuk dikunjungi?

Nah, mungkin sekian dulu ya kawan. Semoga PR ini tidak memberatkan kawan-kawan semua. Terima kasih ^_^.

Iklan

7 comments

  1. “si pejalan kaki”…. sama seperti saya juga…
    Baru naik ojek setelah lulus kuliah dan bekerja pada umur 24 tahun, biasanya mah jalan kaki dari rumah ke jalan raya dengan jarak beberapa km lebih 😀

    Semoga suatu hari nanti bisa kopdar di mahameru yach… 🙂
    Sukses buat awardnya mbak

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s