KAMI MENGGUGAT!!!

KAMI MENGGUGAT !!!

Protes Pegawai Kebersihan
Protes Pegawai Kebersihan

Peringatan hari buruh internasional tanggal 1 Mei 2014 benar-benar telah menjadi batu loncatan bagi para buruh Indonesia untuk menuntut hak mereka yang belum terpenuhi. Gugatan dari pegawai ini juga terjadi di Universitas Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Menjelang tanggal 1 Mei, para pegawai kebersihan di UIN Bandung menuntut kelayakan upah mereka yang dirasa sangat kecil.

Tuntutan yang diajukan para pegawai kebersihan ini dilakukan dengan menuliskan tuntutan mereka di atas kertas karton yang ditempel pada gerobak sampah. Dalam kertas karton tersebut mereka menjelaskan bahwa upah yang mereka terima tidak layak. Sehingga sebagai tuntutan dari ketidaklayakan ini, mereka meminta para pejabat UIN menaikan upah mereka sesuai dengan UMK kota Bandung.
Memang tak ada yang salah dengan tuntutan yang dilakukan oleh para pegawai kebersihan ini. Pekerjaan mereka yang mehabiskan waktu seharian memang sudah selayaknya mendapatkan upah yang sesuai. Kebanyakan dari mereka hanya mendapatkan upah seadanya tanpa pertimbangan kemanusiaan.

Tuntutan yang dilakukan oleh para pegawai kebersihan UIN Bandung merupakan gambaran kecil dari nasib buruh di Indonesia. Sebagian kalangan mungkin menilai bahwa tuntutan kenaikan upah setiap Hari Buruh akan merugikan atasan/perusahaan. Akan tetapi jika kita melihat lebih dekat ke kehidupan mereka, pekerjaan mereka memang kurang sesuai dengan upah yang mereka terima.

 

Iklan

2 comments

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s