SAHABAT SAMPAH

tumpukan sampah di sungai
tumpukan sampah di sungai

Manusia masa kini benar-benar manusia hebat, alias “superman”. Kehebatan manusia itu kini bukan hanya sekedar dongeng-dongeng dalam kisah Rahwana atau Malin Kundang. Tapi mungkin, manusia masa kini itu bisa berubah sewaktu-waktu menjadi Superman atau menjadi Rahwana, atau bahkan menjadi Malin Kundang.

Sebagai jelmaan manusia berbudi baik, sosoknya akan berubah laksana Superman. Pendekar Barat itu akan menolong manusia dari bahaya yang akan datang. Kejahatan dari tangan-tangan manusia jahat akan ditumpas oleh manusia jelmaan Superman. Sebab, kejahatan dan malapetaka yang sesungguhnya bukan datang dari para hantu dan hewan buas, tapi dari manusia itu sendiri.

Telah banyak bukti kejahatan yang dilakukan oleh manusia. Keadaan lingkungan yang rusak hari ini adalah bukti dari kejahatan yang tak terampuni. Belum adanya kebijakan tentang kejahatan “tak tersadari” itu adalah sebab utama penyebaran kejahatan terus terjadi. Mungkin kita bertanya-tanya mengenai kejahatan tak tersadari itu, saya akan bilang kejahatan itu adalah “Membuang Sampah Sembarangan”.

Manusia berbudi Superman adalah sosok yang kita butuhkan hari ini. Jiwa “Pendekar Kehidupan” itu harus menjadi penyelamat umat manusia dan lingkungan dari bencana besar yang –mau tidak mau- akan terjadi. Ratusan milyar sampah yang menjejali lingkungan kita hari ini, lama kelaamaan tidak akan memiliki tempat yang cukup di Bumi Manusia. Namun, sosok Superman yang kita butuhkan tidak akan pernah ada jika bukan diri kita sendiri yang menciptakannya. Sekalipun telah ada penemuan super canggih menumpas penyebaran sampah, penemuan apapun itu tidak akan bisa secanggih manusia.

Menciptakan jiwa “Superman” bisa dimulai dari diri kita sendiri. Bukankah sejak kecil kita pernah bermimpi menjadi seorang Manusia Super penyelamat umat manusia? Inilah saatnya kita wujudkan mimpi itu. Kesadaran diri adalah kunci awal untuk memulai semuanya. Meskipun akan memerlukan waktu lama untuk menumpas “antrian sampah”, tetapi tak ada salahnya jika kita memulai untuk menanggulangi sampah sejak hari ini.

Ada banyak cara untuk mewujudkan mimpi kita menjadi superman, Sang penyelemat kehidupan. Kita mungkin sudah tak asing dengan pengolahan sampah menjadi berbagai macam barang berguna. Inovasi ini adalah penemuan yang cerdas untuk mengurangi penumpukan sampah di dunia. Penanggulangan lain juga sudah sering digalakan oleh pemerintah, yaitu memisahkan sampah organik dan non-organik. Dua penanggulangan tersebut bisa terus kita hidupkan untuk menyelamatkan dunia dari bencana besar yang akan terjadi. Semakin banyak manusia berjiwa “superman”, semakin besar pula kesempatan kita untuk mengalahkan kejahatan sampah yang dilakukan oleh para Rahwana dan Malin Kundang masa kini. Sebagai manusia yang beradab, tentu kita tidak boleh berjiwa Rahwana atau Malin Kundang. Sebab, berjiwa Rahwana berarti kita akan merebut kebahagiaan umat manusia yang sebenarnya. Demikian pula berjiwa Malin Kundang, itu berarti kita telah durhaka terhadap alam dan kehidupan yang telah memberi kita makna hidup.

 

Iklan

6 comments

  1. Mengedukasi orang untuk peduli pada sampah, buang sampah pada tempatnya itu susah ya. :/
    Mereka kekeuh pada pemikiran “ntar juga ada yg bersihin”
    Aku suka gemes sm yg pada buang sampah seenaknya, mau tak masukin ke tong sampah sekalian orang itu.

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s