KKM = Kawan dan Kecengan baru Mahasiswa

UIN Bandung
UIN Bandung

 

Tanggal 17 Februari 2014 kemarin merupakan tanggal yang menegangkan bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pada tanggal ini, mahasiswa sibuk memadati papan pengumuman Lembaga Penelitian. Apa yang mereka cari? Rupanya hari itu pembagian kelompok KKM (Kuliah Kerja nyata Mahasiswa) akan segera diumumkan.

Dari zaman IAIN Bandung belum berubah menjadi UIN, dari zaman dosen senior saya baru diospek, cerita tentang KKM kurang lebih memiliki kesamaan. Di dalam dunia baru itu ada hal baru yang memiliki kesamaan sejarah. Yups, apa lagi kalau bukan mendapatkan kawan baru, sekaligus mendapatkan BONUS… “Kecengan Baru”, hehe.

Kawan baru dan kecengan baru itu akan menemani keseharian kita selama kurang-lebih satu bulan. Di dalam satu rumah dan satu kegiatan, kawan-kawan baru itu akan segera mengetahui kebiasaan kita, mulai dari hal terbesar hingga hal yang terkecil. Kebersamaan dalam kebiasaan inilah yang akan mengubah seorang kawan, menjadi BONUS kecengan baru. Sebagaimana menurut pribahasa, tak kenal maka tak sayang, dalam dunia KKM pribahasa tersebut berlaku menjadi arti yang lebih luas, yaitu semakin kenal, maka semakin saying, tak peduli statusnya. Hehehe.

Kawan dan kecengan baru selalu menjadi warna dalam cerita KKM. Keberlangsungan cerita tersebut akhirnya menggeserkan pengertian KKM dari Kuliah Kerja nyata Mahasiswa menjadi Kawan dan Kecengan baru Mahasiswa. Menurut saya, kepanjangan dari akronim tersebut sesuai dengan kenyataan yang terjadi.

Namun demikian, pengertian yang saya berikan terhadap KKM tersebut kadang kala bisa bertahan hingga akhir kegiatan KKM selesai. Setelah KKM, biasanya kawan baru tersebut hilang ditelan dunia mereka masing-masing, begitu pula kecengan baru, dia pun ikut lenyap dibawa pacar lamanya sendiri.

Ah.. KKM, KKM, kawan baru hilang, kecengan baru pun pergi meninggalkan nama.

Selamat menjalani KKM akang-akang dan teteh-teteh UIN Bandung,

Salam,

 

 

Iklan

8 comments

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s