PARABOLA DI CISOMPET-GARUT

parabola di Cisompet (sebelumnya hanya kalangan tertentu yang memiliki parabola)

parabola di Cisompet (sebelumnya hanya kalangan tertentu yang memiliki parabola)

Sudah hampir tiga tahun lebih aku meninggalkan kampung halaman di Cisompet untuk melanjutkan kuliah di Bandung. Hanya setiap liburan semester aku menyempatkan diri untuk liburan di desa tercinta, Kp. Joho Kec. Cisompet Kab. Garut. Setiap tahun ketika aku kembali ke kampung halaman ada saja hal yang berubah disana. Mungkin perubahan yang terjadi merupakan tanda dari semakin tumbuhnya desa untuk menerima hal-hal modern.

Pemandangan yang berbeda kini akan kita temui di hampir setiap rumah di desa ini. Apakah itu? PARABOLA. Sang pemancar berbagai program televise dari seluruh dunia itu, kini dapat kita temui di setiap halaman rumah. Jika tahun lalu para warga Desa Joho menggunakan TV kabel dari seorang pemilik parabola, maka mulai hari ini mereka bisa bebas memilih chanel yang mereka inginkan.

kini hampir setiap rumah memiliki parabola

kini hampir setiap rumah memiliki parabola

Sebenarnya, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari parabola sendiri itu. Pertama, dalam segi keuangan, memiliki parabola sendiri jelas lebih irit dibandingkan dengan membayar TV kabel Rp. 15.000/bulan. Bayangkan saja, jika warga terus-menerus memasang Tv kabel selama beberapa tahun, berapa nilai kocek yang akan dihabiskan? Sedangkan harga parabola yang paten milik sendiri seharga Rp. 700.000.

Kedua, bebas memilih chanel sesuka-mu. Chanel yang bisa dipilih dari Tv kabel hanya 6 chanel saja, sedangkan dengan Parabola, kita bisa bebas memilih puluhan chanel dari berbagai jenis Negara. Woow, canggih bukan?

Nah, kecanggihan inilah yang kini melanda desa Cisompet. Rupanya, desa ini kini mulai memasuki babak transisi, mulai mengikuti arus globalisasi. Bagaimana tidak? Melalui program TV yang tak terbatas ini lah, mereka bisa memperoleh berbagai informasi dari segala penjuru. Segala hal terbaru bisa langsung didapatkan tanpa terbatas jarak dan waktu. Maka dengan itu, memalui jalur ini lah modernisasi dari segala aspek akan cepat merubah negeri nan indah ini.

Iklan

14 thoughts on “PARABOLA DI CISOMPET-GARUT

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s