SETEGUK MAKNA DALAM SAMUDERA KEHIDUPAN “SELASA BERSAMA MORRIE: Pelajaran tentang Makna Hidup”

20131101_101000

“Pengaruh seorang guru bersifat kekal; ia tak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir.”

n  Henry Adams

Mungkin terkesan sedikit serius apabila kita berbicara tentang makna hidup. Hal ini karena makna hidup sering kali diarahkan pada kehidupan dewasa. Pun tidak semua orang di dunia ini mampu mendapatkan makna hidupnya sendiri. Kebanyakan orang di semua penjuru dunia menjalani hidupnya dengan sia-sia. Sia-sia karena kekayaan yang didapatkan tidak mampu membahagiakannya. Sia-sia karena menghabiskan seluruh hidupnya untuk sibuk mengurusi urusan pribadi. Sia-sia karena kesimpulan dari seluruh hidupnya adalah NOL.

Pemikiran tentang makna hidup ini pun mungkin baru saya sadari beberapa pekan lalu ketika saya menemukan sebuah buku luarbiasa. Buku yang mungkin dari sisi luar terlihat membosankan, tapi tidak sama sekali ketika setiap lembaran buku tersebut saya buka. Yups, seperti yang ditampilkan pada gambar, buku ini berjudul “Selasa Bersama Morrie: Pelajaran Tentang Makna Hidup”

Morrie, sosok inspiratif yang ditampilkan dalam buku ini, bukan hanya sekedar guru pelajaran di kampus, tapi juga guru spiritual dan guru kehidupan. Bagaimana tidak, melalui mata kuliah kemanusiaan yang diberikannya setiap hari selasa di Brandeis University di kota Waltham, Massachusett, Amerika Serikat, Morrie tidak hanya memberikan pelajaran wajib kampus, tapi juga memberikan pelajaran tentang makna hidup yang sesungguhnya.

Murid terdekat Morrie, Mitch, adalah sosok manusia yang sering membincangkan semua hal tentang kehidupan bersama Morrie. Bahkan sampai akhir hidupnya Mitch tetap setia berhubungan dengan Morrie. Berawal dari studi hubungan antar manusia itu, persahabatan antara Mitch dan Morrie dimulai. Setiap pertemuan kuliah di kampus dan pertemuan pribadi di rumah inilah setiap pelajaran tentang “makna hidup” disampaikan.

Pelajaran tentang makna hidup ini begitu masuk dan bersemayam dalam hati penulis (Mitch), dan bahkan di hati saya sendiri. Ini terlihat dari cara bagaimana penulis menyampaikan setiap alur ceritanya. Hal ini juga mungkin karena Morrie tidak hanya bisa menyampaikan makna hidup lewat setiap kata yang keluar dari mulutnya, tapi juga kita bisa mengambil makna hidup dari kehidupan yang dijalani Morrie. Ya, Morrie begitu menikmati setiap waktu yang ada di hidupnya. Walaupun tubuhnya kecil, sekilas tidak terlihat sebagai orang yang cerdas, tapi Morrie begitu bahagia melewati setiap keadaan dalam hidupnya, baik senang ataupun sedih.

Kekaguman kita terhadap buku ini mungkin tidak hanya akan ditemukan ketika kita membaca setiap pelajaran makna hidup yang disampaikan Morrie, tapi juga melalui perjuangan hidup yang harus ditempuh Morrie. Ya, di usianya yang menginjak kepala enam, Morrie divonis mengidap ALS, suatu penyakit yang menyerang tulang menuju kelumpuhan. Kini hidupnya hanya tersisa beberapa bulan lagi. Lewat sisa-sisa hidupnya ini, Morrie bertahan dalam penderitaan, tapi dihadapi dengan kelapangan.

Beberapa kalimat tentang makna hidup yang bisa saya kutip, diantaranya yaitu:

“Begitu banyak orang menjalani hidup mereka tanpa makna sama sekali. Mereka seperti separuh terlelap, bahkan meskipun mereka sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang menurut mereka penting. Ini karena mereka memburu sasaran-sasaran yang salah. Salah satu cara agar hidupnya bermakna adalah mengabadaikan diri untuk menyayangi orang lain, mengabdikan diri bagi masyarakat di sekitar kita, dan mengabdikan diri untuk menciptakan sesuatu yang memberi kita tujuan serta makna.”

“Yang paling penting dalam hidup adalah belajar cara memberikan cinta kita, dan membiarkan cinta itu datang, karena cinta adalah satu-satunya perbuatan yang rasional.”

“ Sebagai manusia kita perlu RASA AMAN SPIRITUAL, yakni rasa aman karena tahu ada keluarga yang memperhatikan kita. Tidak ada yang dapat menggantikan peran ini. Tidak harta. Tidak pula kemasyhuran.”

Sebenarnya ada begitu banyak kata-kata mutiara yang bisa kita ambil dalam buku ini. Tapi karena begitu banyak, saya pikir lebih baik saya menyarankan kawan-kawan untuk membaca buku penuh makna ini. Saya jamin cara pandang kawan-kawan terhadap hidup akan menjadi lebih berbeda dan lebih baik.

Iklan

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s