RUANGAN BARU DI BAPUSIPDA

RUANG KEARSIPAN DI BAPUSIPDA

EDITAN PUSDA

Ada pemandangan yang berbeda ketika aku mengunjungi BAPUSIPDA (Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah) Bandung di Rabu, 19 November 2013 lalu. Bukan ada pengunjung yang terlihat berbeda karena penampilannya yang seperti badut, bukan pula bangunan yang dilengkapi caffe sehingga BAPUSIPDA terlihat menjadi berbeda. Bukan. Hal yang berbeda itu muncul dari sudut ruangan di seberang ruang baca anak-anak, yaitu Koleksi arsip-arsip foto setiap kota kabupaten di Jawa Barat.

Ya, ruangan di Lantai 1 –yang pada tiga minggu lalu masih kosong– itu kini diisi dengan koleksi foto-foto bersejarah yang dimiliki oleh setiap kota/kabupaten di Jawa Barat, seperti Garut (kota kelahiran saya, ehehe), Bandung, Karawang, Purwakarta, Tasikmalaya, Subang, dan banyak lagi. Wah, tentu ini merupakan kabar gembira bagi pengunjung Perpustakaan Daerah ini. Selain akan mengasyikan pengunjung dengan foto-foto baru nan unik yang ditampilkan, juga akan menambah wawasan bagi para pengunjung bagaimana sejarah daerah-daerah yang ada di Jawa Barat. Tapi, meskipun kebanyakan koleksi adalah sejarah atau tempat-tempat unik daerah di Jawa Barat, juga BAPUSIPDA tidak lupa menampilkan koleksi foto-foto peristiwa bersejarah Indonesia dan pahlawannya. Wah saya jadi ingat pepatah Bangsa Yang Baik Tidak Akan Melupakan Jasa Pahlawannya, nah mungkin itu pula yang dilakukan BAPUSIPDA. Hehe.

HATTA

Gambar Kakek saya tercinta, hehe

Bapak, Ai Lop Yu

Arsip-arsip yang ditampilkan membuat saya termangut-mangut dibuatnya —tring-tring-tring, kini aku mengerti, hehe—. Namun ada juga yang membuat saya geli, miris, bahkan tidak sanggup melihat foto-foto yang ditampilkan. Ya, ini mengenai Peristiwa G30S/PKI dan DI/TII. Disana diperlihatkan begitu jelas bagaimana kondisi korban yang terkena kekejaman gerakan anti pemerintah itu.

Sebenarnya masih banyak foto-foto tempat wisata yang sarat nilai sejarah di koleksi kearsipan ini, tapi saya tidak sempat memfotonya. ^_^ Ok, selamat berkunjung!!

2 comments

Tanggapi disini ya... ^_^

