MENCIPTAKAN TEORI BARU, MENGAPA TIDAK??

MENCIPTAKAN TEORI BARU, MENGAPA TIDAK??

Menciptakan teori baru, hal ini mungkin kedengarannya aneh atau bahkan luarbiasa. Tapi mengapa tidak? Bagi seorang mahasiswa atau cendikiawan Muslim yang masih bergelut dalam pendidikan S1, kalimat ini memang begitu luarbiasa. Hal ini karena biasanya hanya para cendikiawan setingkat Master atau Doktor, dan biasa bagi para Profesor untuk menciptakan teori baru. Namun demikian, bukan berarti cendikiawan setingkat S1 tidak mampu melakukan teori baru, justru kesempatan ini berlaku bagi siapa saja, tidak dibatasi oleh derajat pendidikan atau starata social—asal dia memiliki keilmuan yang dalam dan kemampuan luar biasa untuk membuktikannya–hehe.

 

Seseorang bisa saja mengeluarkan teori baru dalam segala bidang ilmu. Namun hal ini tidak berarti bahwa kita bebas tanpa syarat mengeluarkan teori yang bersarang dalam akal sehat kita. Spekulasi[1] memang sangat dibutuhkan -bagi ilmu sosial- karena berguna untuk membangun dugaan-dugaan berikutnya dari teori yang akan diciptakan. Selanjutnya, keterlibatan peran pemikiran tokoh lain pun dibutuhkan dengan disertai fakta dari catatan atau pengalaman yang pernah ada sebelumnya. Pemikiran tokoh ini diperlukan supaya teori yang kita ciptakan tidak asal-asalan dan memang benar-benar teori yang baru.

Dengan terciptanya teori baru, seseorang bukan saja akan luar biasa, tapi juga semasa hidupnya akan terus dikenang oleh semua orang tanpa mengenal batas waktu. Orang tidak hanya akan mencari atau mengutip secara terus-menerus teori yang kita ciptakan, tapi juga akan mencari bagaimana kehidupan kita. Bukankah ini yang akan kita inginkan? Dikenang semua orang sepanjang masa bukan karena reputasinya yang buruk, tapi karena akalnya sanggup menciptakan teori baru. Sehingga, saya  bisa menambahkan suatu pribahasa yang telah ada.

Gajah mati meninggalkan gadingnya,

Harimau mati meninggalkan belangnya,

Manusia mati meninggalkan teorinya…


[1] Dugaan-dugaan terhadap sesuatu berdasarkan pemikiran yang mendalam

Iklan

2 comments

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s