Objek Wisata di Bagian Selatan Garut

jalan Cisompet-Garut

Hijau terbentang sepanjang perjalanan. Tiada kekeringan yang nampak di sana. Hanya jajaran pepohonan, sawah-sawah yang berbaris indahnya, dan gunung-gunung yang seakan menjulang ke langit biru. Begitulah suasana perjalanan menuju Kecamatan Cisompet, suatu desa di selatan Garut yang masih belum terjamah tangan-tangan kotor manusia.

Tak akan kita temui gedung-gedung pencakar langit yang menantang datangnya petir. Hanyalah pohon-pohon pinus, beringin, karet, dan teh yang tertata rapih dan indah laksana lukisan alam yang tak ternilai harganya. Pemandangan itu hanyalah kulit luar dari desa Cisompet. Jika kita arahkah mata dan kaki kita ke desa yang lebih terpencil dari pusat keramaian Cisompet, di sana kita akan temui pemandangan yang lebih indah dipandang mata. Menuju ke arah pedalaman Cisompet, ada beberapa kampung yang bisa kita temui. Diantaranya yaitu Kp. Menger, Kp. Cikuda, Kp. Cikaret, Kp. Cikaso, Kp. Neglasari, Kp. Cipompok, dan lain-lain. Di kampung-kampung tersebut, pemandangan menakjubkan dapat kita temui. Selain bukit-bukit indah tempat melihat isi kec. Cisompet dari sana, di sana juga kita disuguhi sungai-sungai besar dan curug-curug (ait terjun) yang luarbiasa menyejukan jiwa dan raga bagi setiap orang yang menyentuhnya. Di Kp. Neglasari misalnya, di sana terdapat 12 Curug (Curug Limung) yang berbanjar dari dataran paling atas sampai bawah. Namun biasanya, para wisatawan hanya mengunjungi bagian curug yang paling dekat dengan jalan setapak karena mudah untuk dijangkau.

Cisompet

Desa Cisompet, Kec. Cisompet Garut

Untuk menuju ke Desa Cisompet, kita hanya membutuhkan 3 jam perjalanan dari pusat kota Garut. Jarak yang lumayan jauh tidak akan terasa ketika kita melihat indahnya pemandangan yang disuguhkan Sang Pencipta Alam di sepanjang perjalanan menuju ke sana. Dari terminal kota Garut, ongkos yang akan dihabiskan tidak akan melebihi Rp. 15.000. ongkos yang murah tidak akan sebanding dengan apa yang akan kita dapatkan ketika kita menikmati berbagai objek wisata di sekitar wilayah Cisompet. Di desa Cisompet, suasana pedesaan yang kita rindukan akan kita dapatkan, terutama setelah beberapa pekan menyibukan diri di wilayah perkotaan yang sarat akan polusi. Suasana alam seperti ini sangatlah cocok bagi setiap orang yang ingin me-refreshing-kan diri sejenak dari kehidupan kota.

Dari wilayah Cisompet, perjalanan kita bisa diteruskan ke Kec. Pameungpeuk. Di sana, berbagai objek wisata dari berbagai jenis pantai akan kita dapatkan, seperti Pantai Santolo, Pantai Sayangheulang, Pantai Cijeruk Indah, Pantai Rancabuaya, dan lain-lain.

Untuk menuju ke Kec. Pameungpeuk, kita hanya akan memerlukan waktu sekitar ¾ jam dari Kec. Cisompet. Perjalanan yang akan ditempuh tidak akan seperti dari kota Garut ke Kec. Cisompet. Jalan yang berkelo-kelok akan jarang kita temui, suasana pergeseran desa menuju kota akan terasa dalam perjalanan menuju ke Kec. Pamengpeuk. Biasanya, para wisatawan local ataupun mancanegara ramai mengunjungi objek wisata Pantai Pameungpeuk pada tahun baru atau berbagai hari raya lainnya. Para wisatawan dari berbagai kota sengaja menyempatkan diri mereka untuk mengisi liburannya di Pantai Selatan Garut. Berbagai jenis pantai yang bisa ditemui sekaligus di satu kecamatan, memang merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan untuk mengisi liburannya di sana.***Gambar

Iklan

Tanggapi disini ya... ^_^

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s